Kiat Jitu Mengatur Keuangan Saat Menganggur

Menjadi pengangguran merupakan resiko yang dialami siapa saja saat berproses di dunia kerja. Tidak hanya mereka yang baru saja keluar dari pekerjaannya karena PHK atau pensiun, mengalami masa menganggur juga dialami oleh mereka yang baru saja lulus kuliah. Memasuki masa transisi ke dunia kerja, biasanya mahasiswa sudah mempunyai rencana besar terhadap masa depannya. Pada umumnya, mereka sibuk berpetulang mencari pekerjaan alias job seeker.

Mencari pekerjaan tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada kalanya kita jua mengalami masa menunggu pekerjaan. Jangka waktunya pun tak bisa memberikan kepastian. Namun, kebutuhan sehari-hari terus berjalan dan tentunya membutuhkan biaya. Dalam masa-masa ini, sudah dipastikan keuangan pribadi akan semakin menipis jika tidak mampu dikelola dengan baik. Nah, ada beberapa tips agar keuanganmu tetap stabil.

Mengakses Lowongan Kerja Secara Online

Saat ini kita hidup di era digital, semua serba menggunakan internet. Termasuk lowongan kerja, kini lebih sering disebar melalui akun-akun media sosial. Ini memberikan banyak keuntungan buatmu. Selain hemat tenaga, kamu juga menghemat biaya transportasi. Sebab, biasanya perusahaan menginginkan berkas lamaranmu dikirim melalui email.

Membuat Anggaran Biaya

Agar uangmu terbagi rata untuk berbagai kebutuhan, kamu perlu membuat perencanaan keuangan. Kamu bisa mulai dengan menentukan skala prioritas untuk semua kebutuhanmu. Kemudian buat anggaran biaya dan rincian biaya di setiap kebutuhan yang menjadi skala prioritasmu itu.

Catat Keuangan Secara Berkala

Mengingat keuanganmu cukup minim di masa-masa menunggu pekerjaan, kamu perlu memperhatikan setiap pengeluaranmu. Catat setiap biaya yang kamu keluarkan untuk berbelanja. Lakukan evaluasi terhadap pengeluaran anda, mana biaya yang bisa anda tekan.

Hindari Hutang

Meskipun keuangan sedang tipis, jangan membiasakan diri untuk berhutang. Kamu harus bisa menahan diri meminjam uang, karena jika dibiasakan akan menjadi candu. Berhutang merupakan persoalan keuangan yang krusial. Karena berujung pada gali lobang tutup lobang dan seterusnya.

Baca Juga:  Buat Hunian Lebih Menarik Dengan House Of Succulent

Perbaiki Gaya Hidup

Biaya hidup yang kamu keluarkan tergantung dari gaya hidupmu. Cobalah membiasakan diri untuk memperhatikan kebutuhan dibanding keinginan. Memperbaiki gaya hidup bisa membuatmu terhindar dari kebiasaan boros.

Jangan Membuang Waktu

Manfaatkan waktu luangmu untuk mengembangkan diri, terutama mengikuti kegiatan-kegiatan yang menunjang karirmu dan mempersiapkan berkas lamaran sebaik mungkin. Mengembangkan diri dapat meningkatkan kualifikasi dirimu, semakin berkembang, semakin tertarik juga perusahaan terhadap dirimu. Makin cepat kamu mendapat pekerjaan, rencana mu untuk berhemat akan berhasil.

Butuh waktu cukup lama untuk membiasakan diri mengatur keuangan. Kamu harus sabar dan teliti dengan kondisi keuanganmu saat ini. Tetap berjuang meningkatkan pendapatan dan jaga budaya berhematmu ya!

 

Referensi foto https://www.flickr.com/photos/dopesince92/5792579172