Tips dan Trik Menggunakan Instagram Untuk Pemasaran Online

Perkembangan dunia bisnis saat ini didominasi dengan maraknya pemasaran online, baik menggunakan website, marketplace, maupun sosial media. Hal demikian cukup lumrah seiring dengan majunya teknologi serta pola konsumsi masyarakat yang bergeser dari offline ke kebutuhan online. Khusus untuk sosial media, sepertinya hanya di Indonesia saja yang kemudian banyak digunakan sebagai media jualan/ pemasaran. Kondisi demikian sejalan dengan tingginya pengguna sosial media yang ada di negara ini, khususnya facebook, instagram, twitter, youtube, dan line.

Instagram menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan pelaku bisnis online di Indonesia. Fitur yang menampilkan konten visual baik foto maupun video menjadi kelebihan instagram dibandingkan dengan sosial media yang lain. Kita tahu bahwa konten visual menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna sosial media dan konsumen online. Karena dengan konten visual konsumen secara langsung bisa tahu spesifikasi produk yang dipasarkan.

Namun untuk bisa memaksimalkan penggunaan instagram sebagai akun jualan ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Nah seperti apa tips dan triknya, berikut informasi detailnya.

Buat Akun Instagram Sesuai Kata Kunci

Jika anda ingin mempunyai akun online shop yang mudah di lacak konsumen, anda perlu menggunakan nama-nama akun yang familiar di instagram. tidak disarankan bagi anda untuk menggunakan nama brand produk, karena akan sulit ditemukan di menu pencarian.

Maksimalkan Penggunaan Hastag

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan instagram, anda pasti sudah familiar dengan hastag. Dalam mengunggah foto/video jangan lupa sertakan hastag di caption, karena hastag sangat berperan untuk meningkatkan popularitas akunmu.

Upload Content yang Menarik

Seperti yang anda ketahui bahwa instagram merupakan media sosial berbasis visual. Buatlah foto atau video sekreatif mungkin. Bukan hanya membahas soal produk anda, tetapi bisa membahas topik lain yang kira-kira diminati oleh konsumen anda. Hal ini bisa untuk menunjukkan bahwa akun dan usaha anda selalu aktif.

Baca Juga:  Menekuni Bisnis Ilustrasi Ala With Love Corner

Beri Diskon Atau Promo

Siapapun pasti akan antusias dengan diskon atau promo yang ditawarkan penjual. Memberi diskon akan membuat konsumen mulai melirik produk anda. Adakan diskon/promo secara rutin, agar konsumen bisa menyempatkan diri mengikuti promo tersebut.

Bangun Kedekatan Dengan Konsumen

Di dunia maya, anda tetap harus ramah terhadap konsumen seperti saat berjualan di toko offline. Buat konsumen nyaman dengan menjawab semua komentar, apalagi konsumen yang menanyakan soal produk yang anda jual. Bangun juga kedekatan konsumen dengan cara rajin memberi like semua foto akun followers anda.

Lakukan Paid Promote dan Endorse

Saat ini pebisnis online shop juga gencar melakukan strategi marketing dengan paid promote dan endorse. Paid endorse artinya anda meminta seorang selebgram untuk memakai produknya, kemudian selebgram mempromosikan produk anda melalui akun selebgrem tersebut. Paid promote berarti anda mengirimkan materi produk yang akan dipromosikan kepada selebgram, kemudian selebgram memposting materi tersebut di akunnya. Jangan pelit mengeluarkan dana untuk strategi marketing tersebut. Memasarkan produk memang butuh modal yang tidaak sedikit.

Pasang iklan (Instagram Ads)

Manfaatkan metode split testing yakni, buat 4 versi iklan untuk satu halaman yang sama dengan menggabungkan beberapa teks, gambar, atau audiens. Anda bebas memasang variasi gambar, yang terpenting gambar tersebut menarik dan berpotensi membuat followers mengklik iklan tersebut. Perhatikan juga ketika anda hendak memasang iklan, instagram akan memberi anda opsi yaitu, objective (tujuan). Misalnya, brand awareness, traffic conversions, dan sebagainya. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda.

Sudah mulai paham dengan strategi pemasaran online instagram?. Tunggu apa lagi, pelajari lebih dalam tips-tips diatas demi kelancaran usahamu!

Sumber foto : assets.sendible.com.s3.amazonaws.com/blog/images/16/instagram-business-header.jpg</small?