Pemasaran Melalui Marketplace

Anda tentunya sudah tahu bahwa bisnis online menjadi primadona para pelaku usaha di Indonesia. Sebagian besar pelaku usaha saat ini membuka online shop untuk memasarkan produknya. Semakin kesini prospek bisnis online semakin tinggi, karena kemudahan dan kecepatan yang diberikan. Kemudian berkembang pula marketplace atau media online memberikan lahan bagi pebisnis online shop untuk membuka lapak bersama pebisnis online shop lainnya. Marketplace yang popular digunakan oleh pelaku usaha saat ini yakni, tokopedia, bukalapak, shopee, olx, dll.

Eksistensi marketplace berkembang pesat dan semakin diminati oleh para pelaku usaha. Konsumen yang berkunjung ke marketplace sudah pasti mempunyai keinginan untuk membeli. Berbeda dengan konsumen yang hanya mengunjungi online shop, mereka belum tentu memiliki motivasi willing to buy. Sebagai pebisnis sekaligus pengguna internet, manfaatkanlah peluang ini untuk keberhasilan usaha Anda. Ada beberapa alasan untuk mencoba marketplace.

Buka 24 Jam

Salah satu keuntungan terbesar dari marketplace adalah pelayanan jual beli 24 jam penuh, tanpa diawasi. Manajemen pemesanan dijalankan secara otomatis oleh sistem. Konsumen tinggal melakukan klik ‘beli’ pada gambar barang yang diinginkan, kemudian sistem akan memprosesnya hingga ke tahap pembayaran.

Jangkauan Konsumen Tidak Terbatas

Online shop memiliki jangkauan konsumen yang tidak terbatas dimana pun lokasinya berada. Namun, ada syarat tertentu untuk hal tersebut. Anda diwajibkan mengakses internet, kemudian dianjurkan untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) yang berfungsi mendatangkan traffic pengunjung melalui search engine seperti google. Dengen mengoptimalkan fitur tersebut, anda bisa memastikan bahwa konsumen yang datang sesuai dengan sasaran pasar.

Jangkauan Promosi Lebih Luas

Melalui marketplace, anda bisa melakukan promosi dengan berbagai bentuk seperti Kupon dan points. Kupon dan point yang sudah diperoleh bisa dijadikan insentif bagi konsumen untuk terus berbelanja.

Baca Juga:  Fokus Mengembangkan Bisnis Tas Kulit Diby Leather

Produk Lebih Mudah Untuk di Organisir

Dalam marketplace terdapat fitur yang bisa membuat produkmu lebih terorganisir. Produk-produk yang anda jual bisa dimasukkan ke dalam beberapa kategori menu di website sesuai dengan jenis produk. Missal kategori best seller atau new arrival.

Automatic Update Harga dan Ongkos Kirim

Anda tidak perlu menghitung harga produk secara manual. Konsumen akan menerima laporan harga barang dan ongkos kirim secara otomatis. Tentu ini akan menghemat waktu dan tenaga anda bukan?

Biaya Pengelolaan Lebih Ekonomis dan Efisien

Menggunakan marketplace, anda bisa menghemat waktu dengan sistem pemesanan, kalkulasi harga, penerimaan dan pelaporan inventori yang serba otomatis. Anda jug tida dikenakan komisi dari marketplace untuk setiap transaksi.

Lebih Mudah Membangun Kepercayaan Konsumen

Menumbuhkan keprcayaan konsumen cukup sulit bagi pebisnis online shop. Apalagi bagi mereka yang masih pemula, masih minim trust yang mereka dapatkan dari konsumen. Namun, dengan marketplace, kepercayaan konsumen bisa dengan mudah kamu dapatkan. Pada dasarnya, marketplace sendiri merupakan jaminan untuk konsumen. para konsumen tidak akan ragu membeli, jika mereka merasa tertarik dengan produk yang dijual di marketplace tersebut.

Menggunakan Rekening Bersama

Sistem ini menjamin keamanan bersama antara penjual dan pembeli. Setiap ada transaksi, pembayaran akan masuk ke rekening bersama, kemudian masuk ke rekening penjual.

Meskipun begitu, sebagai pebisnis yang hanya menyewa lapak marketplace, anda harus mengikuti aturan marketplace tersebut. Pilhlah marketplace yang memiliki reputasi bagus. Tertarik menempati lapak bisnis di marketplace?. Jangan lupa untuk tetap selektif ya!

Sumber Foto: https://www.eshopworld.com/news/online-fashion-retailer-asos/