Seiring dengan maraknya bisnis online, strategi pemasaran produk pun ikut mengikuti. Jika Anda terbiasa menggunakan instagram, anda tentu familiar dengan endorsement. Belakangan, pelaku usaha online mulai mempelajari strategi marketing yang termasuk baru di dunia bisnis ini. Endorsement sendiri berasal dari kata endorse yang berarti memberi saran. Secara istilah, endorsement artinya meminta selebgram media sosial untuk mempromosikan produk perusahaan. Public figure yang dipilih pun tak sembarangan, para pelaku usaha biasanya memilih selebgram media sosial yang memiliki banyak followers di akun nya.

Cara kerja endorsement, secara garis besar selebgram yang dipilih mempromosikan produk dengan cara memposting foto produk tersebut di akunnya.  Bagi anda yang sedang gencar melancarkan marketing, endorsement bisa menjadi salah satu rekomendasi metode pemasaran. Anda akan memperoleh berbagai keuntungan sebagai berikut:

  1. Ajang Promosi yang Efektif

Apabila produk anda dipromosikan melalui salah satu akun selebgram, otomatis masyarakat akan banyak melihat produk anda, mengingat jumlah followersnya yang cukup besar. Masyarakat yang tertarik juga akan mencari tahu online shop yang menjual produk tersebut, dengan klik akun online shop yang di tag di foto.

  1. Meminimalisir Biaya Marketing

Modal untuk endorsement tidak semahal biaya mengiklan di televisi. Anda cukup mengirim produk anda kepada selebgram yang menjadi endorser beserta fee nya. Hanya dengan cara ini, produk anda sudah dilihat oleh jutaan orang. Secara tidak langsung juga biaya pemasaran anda bisa ditekan.

  1. Meningkatkan Penjualan

Selebgram merupakan salah satu public figure. Para followers akan cenderung meniru dan mengikuti gaya selebgram idolanya. Dengan begitu akan banyak orang yang tertarik dan memesan produk yang dipromosikan oleh selebgram. Hal ini tentu mendorong penjualan menjadi semaikin meningkat.

  1. Produk Mudah Dikenal
Baca Juga:  Sukses Mengembangkan Bisnis Idani Pastry

Dengan melakukan metode endorsement bersama selebgram, tentu meningkatkan kepopuleran brand anda. Apalagi jika selebgram yang diajak bekerjasama memiliki segmen pasar berbeda, tentu ini akan memperluas pemasaran anda sekaligus mendapatkan pasar baru.

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Kerjasama endorsement tidak hanya memberikan keuntungan secara financial, tetapi juga brand awareness. Tidak jarang usaha-usaha yang sudah memiliki nama, tetap meningkatkan brand awareness melalui kerjasama endorsement. Dengan begitu produk anda lebih dikenal dan dipercaya.

Kerjasama endorsement cukup potensial dan lebih praktis. Bisa dikatakan endorsement merupakan strategi pemasaran kekinian yang patut dicoba oleh para pengusaha online. Demikian keuntungan yang bisa anda dapatkan dari endorsement. Selamat mencoba!

Sumber Foto: uangonline.com/wp-content/uploads/2016/11/Endorsement.jpg