Memiliki penampilan yang menarik menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang dewasa ini. Wajah yang terlihat fresh dengan tatanan make up yang apik mampu menambah aura positif serta rasa percaya diri bagi yang bersangkutan. Tidak hanya monopoli perempuan semata, bahkan tidak sedikit kaum adam yang rela merogoh kantongnya dalam-dalam supaya terlihat lebih menarik dari sisi penampilan fisiknya, terutama wajah.

Kondisi demikian dilirik sebagai sebuah pasar potensial bagi seorang Sary Maheswari (28). Istri dari Hary Sakha tersebut menilai kebutuhan masyarakat akan penampilan yang relatif tinggi menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Produk kecantikan seperti cream pemutih, penghilang jerawat dan flex hitam, lip matte, bahkan lipstik disasar sebagai sebuah usaha yang mampu menjawab kebutuhan pasar akan penampilan yang tinggi.

Sary Maheswari – Owner Aura Beauty

“Selain karena passion saya di bidang kecantikan, usaha ini juga sebagai respon atas banyaknya  konsumen yang menginginkan saya membuat produk kecantikan yang bagus, dalam konteks aman dan bersertifikat halal,” terang Sary kepada tim liputanUKM di kantornya, Selasa (19/9). Seperti diberikan angin segar, Sary yang sebelumnya sukses mengembangkan Aura Glow memberanikan diri membuat produk berkualitas yang siap bersaing di pasaran Indonesia.

Bekerjasama dengan pabrik yang memiliki standar keamanan tinggi menjadi langkah awal bagi Sary merintis kesuksesan mengembangkan bisnisnya dua tahun yang lalu. “Menjadi salah satu kewajiban ketika awal pertama merintis usaha ini saya harus benar-benar memilih pabrik serta apoteker yang handal,” jelasnya. Benar saja, di awal launching ke pasaran, tidak butuh waktu lama bagi Aura Beauty yang dipilih Sary sebagai brand produknya merebut hati para masyarakat Indonesia, khususnya kalangan perempuan usia 15-30 tahun.

Faktor Pemasaran Online

Baca Juga:  Menerapkan Pola Hidup Sehat Dengan Virgin Coconut Oil (VCO)
produk aura beauty

Selain karena faktor kualitas produk, strategi pemasaran juga memiliki pengaruh besar Aura Beauty mampu merebut hati pasar produk kecantikan di Indonesia. Sejak awal Sary yang didukung kurang lebih 17 orang tim supportnya aktif melakuan pemasaran, terutama via media sosial. “Paling kenceng lewat media sosial, terutama Instagram, Facebook, twitter, dan market place, pokoknya semua media yang mengarahkan untuk berpromosi kita pakai semua,” imbuh Sary sembari tersenyum.

“Kalau di online pun kita bisa menyesuaikan target market, misalnya di Instagram kita follow orang yang bingung dengan perawatan wajah, kemudian kita bisa tawari dia dengan produk kita, jadi tidak serta merta semua orang kita tawari, sejauh ini langkah seperti itu cukup efektif,” lanjutnya. Benar saja, langkah-langkah yang dia lakukan dengan pemasaran online baik free maupun berbayar mampu membawa Aura Beauty sebagai pesaing kuat bagi brand-brand besar yang terlebih dahulu eksis.

Mencari Banyak Marketing

Ada hal yang unik dalam proses pemasaran yang ditempuh Aura Beauty selain fokus melalui pasar online. “Untuk Aura Beauty kita tidak terlalu fokus dengan agen maupun distributor, tetapi kita memperbanyak tenaga marketing,” terang Sary. Tenaga marketing yang dimaksud disini adalah marketing lepas, yang diajari oleh tim marketingnya Aura Beauty teknis-teknis pemasaran.

“Kita cari beberapa orang yang belum bisa sama sekali bisnis online, dan kebanyakan memang dari customers kita sendiri. Kemudian kita ajari dia bagaimana cara berjualan Aura Beauty. Di sini selain kita bisa memberikan dia manfaat dari produk Aura Beauty, kita juga bisa memberikan peluang usaha untuk para customers yang mau belajar berbisnis,” imbuhnya.

Tenaga marketing tersebut masing-masing mendapatkan sertifikat dari Aura Beauty pusat. Jadi mereka bisa mengontrol secara langsung karena tahu persis siapa saja yang menjual produk Aura Beauty. “Sebetulnya kita belajar dari produk sebelumnya dimana kita kurang kontrol untuk tenaga pemasar yang ada, hasilnya banyak produk palsu dengan harga yang jauh di bawah standar kita beredar luas di pasaran,” kata Sary. Hal demikian dilakukan sebagai langkah untuk membuat konsumen merasa nyaman dan tidak khawatir dengan produk-produk palsu tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  Sukses Mengembangkan Bisnis Idani Pastry

Laris Manis di Pasaran

Saat ini Aura Beauty memiliki produk unggulan yang sudah beredar luas di pasaran. Produk tersebut antara lain paket wajah ada cream day dan cream night, facial wash, serta paket untuk jerawat. Kemudian untuk produk make up terdiri dari varian lip matte, dan varian lipstik. Aneka jenis varian produk tersebut dipasarkan dengan harga yang terjangkau, yakni dari Rp.50.000,00 s.d. Rp.260.000,00/ pcs.

“Untuk paket wajah, dalam sebulan kita bisa memasarkan 10.000 s.d. 12.000 pcs, sementara untuk lip matte maupun lisptik di angka 3.000 s.d. 4.000 pcs,” tegas Sary. Tingginya penjualan produk Aura Beauty tersebut menjadi bukti bahwasanya apa yang dilakukan Sary dan tim supportnya sejauh ini sukses menembus pasar kosmetik tanah air yang dikenal cukup tinggi tingkat persaingannya.

Tim liputanUKM