Festival Anggrek Vanda Tricolor 2018 di Taman Anggrek Titi Orchids

LIPUTAN UKM – Meskipun sudah lama berkecimpung di bidang pembudidayaan anggrek, Hj. Sri Suprih Lestari masih tetap konsisten mengajak masyarakat untuk melestarikan tanaman unik ini melalui festival. Titi biasa orang memanggilnya, sudah 4 tahun berturut-turut konsisten mengadakan Festival Anggrek Vanda Tricolor di Taman Anggrek Titi Orchids milikinya, yang diinisiasi bersama Persatuan Anggrek Indonesia (PAI). Tahun ini festival diselenggarakan mulai tanggal 2-5 Agustus 2018.

Singkat cerita mengenai latar belakang diselenggarakannya festival ini. Bunga anggrek Vanda Tricolor bagi Titi memiliki keunikan tersendiri. “Spesies anggrek ini dari segi tampilan mempunyai motif yang berbeda dari anggrek lainnya, baunya harum, lebih tahan lama, dan bisa ditanam di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah”, terang Titi saat diwawancarai oleh Tim LiputanUKM (02/08).

Kontes Anggrek Vanda Tricolor oleh para pembudidaya anggrek

Sebelumnya, spesies anggrek Vanda Tricolor sempat tumbuh subur di lereng Gunung Merapi. Namun, karena kepedulian masyarakat sekitar terhadap tanaman anggrek ini kurang, ditambah lagi dengan erupsi Gunung Merapi tahun 2006 dan 2010 yang menyebabkan tanaman anggrek pada tandus. Akibatnya, banyak juga yang tak mengenal spesies anggrek unik ini. Bersama PAI, Titi mengkonsultasikan kondisi ini ke beberapa akademisi terkait. Setelah berunding, salah satu cara agar masyarakat mulai mengenal anggrek Vanda Tricolor adalah mengadakan festival.

Salah satu hasil budidaya Anggrek Vanda Tricolor oleh Titi Orchids

Usaha untuk mengadakan Festival Anggrek Vanda Tricolor ini tak semulus yang dibayangkan. Titi yang tergabung sebagai anggota PAI menyelenggarakan acara dengan biaya seadanya. Kemudian untuk meningkatkan jumlah pengunjung ia melakukan “jemput bola” ke relasi-relasinya. Upaya ini mendapatkan sambutan baik dari para pecinta anggrek, akademisi, hingga pejabat pemerintah. Akhirnya, Festival Anggrek Vanda Tricolor untuk pertamakalinya di selenggarakan pada tahun 2015.

Acara Festival Anggrek Vanda Tricolor tahun ini secara umum meliputi talkshow, seminar, pelatihan budidaya anggrek, dan lomba melukis, menggambar, mewarnai bertema anggrek. Beberapa pelatihan tersebut tidak hanya diselenggarakan melalui festival saja, tetapi juga di luar waktu festival. Biasanya diselenggarakan setiap 3-4 bulan sekali. Melalui festival ini, Titi Orchids juga memberi kesempatan para pembudidaya anggrek dari berbagai daerah untuk mengisi beberapa stand di seberang Taman Anggrek Titi Orchids. Di sana para pembudidaya bisa dengan bebas memamerkan dan mempromosikan hasil budidayanya kepada para konsumen.

Baca Juga:  Berbekal Kesabaran dan Kesadaran, Titi Orchids Raih Keuntungan Besar
Festival Anggrek Vanda Tricolor juga menjadi sarana edukasi

Bisnis anggrek Titi Orchids sudah berjalan sejak tahun 1993. Usaha yang Titi lakoni ini tidak hanya sekedar ingin meraup keuntungan. Ia lebih banyak berharap masyarakat bisa mengenal banyak spesies anggrek dan mengguggah mereka untuk melestarikannya.