Membawa barang bawaan sudah menjadi kebiasaan banyak orang ketika bepergian. Tas atau wadah yang tertutup bisa menjadi solusi praktis. Walaupun tidak setiap waktu membeli, memiliki tas adalah kebutuhan penting banyak orang apalagi anak sekolah. Melihat adanya peluang, siapapun yang memiliki kemampuan dalam membuat tas pasti tertarik untuk berbisnis. Dengan bekal keterampilan yang didapat selama menjadi karyawan produksi tas, Surisno mencoba mengembangkannya seorang diri.

Kemampuan yang dikembangkan sendiri

Dengan perantara satu mesin jahit yang dibeli dari perusahaan tempat bekerjanya dulu, bertempat di desa Kajer kecamatan Wonosari ini Surisno menerima pesanan membuat tas baik perorangan maupun borongan. Pesanan dalam partai besar biasanya untuk acara seminar atau kegiatan-kegiatan sosial. Model tas yang dipesan juga beragam. Untuk pesanan perorangan biasanya permintaan modelnya seperti model yang sudah banyak beredar di internet. Sedangkan untuk pesanan partai besar biasanya dalam bentuk ransel dan handbag atau tas tangan.

Hubungan baik sangat membantu peran promosi

Di era modern yang sudah serba canggih seperti sekarang, tentu tidak mudah mendapatkan konsumen yang mau menggunakan jasanya. Karena fasilitas yang masih minim, peran promosi hanya dari mulut ke mulut terutama dari orang yang pernah menggunakan jasanya. Namun demikian tidak membuat bapak satu anak ini pasrah begitu saja. Hubungan baik dengan pabrik tempat bekerjanya dulu ternyata masih memberi jalan bagi Surisno untuk tetap bisa membuat tas yaitu dengan mengambil beberapa bagian pesanan dan dikerjakan di rumahnya sendiri. Upah yang didapat pun bisa dibilang masih tidak pasti, tergantung orderan dari konsumen. Jika orderannya perorangan, Surisno biasanya tidak mengambil keuntungan besar, hanya dua puluh persenan, selebihnya yang penting sudah balik modal.

Baca Juga:  Krishan Batik, Perkenalkan Batik Hingga Internasional

Modal menjadi bahan baku yang penting

Untuk menjaga kestabilan dana, pengelolaanya pun harus tepat apalagi jika ada pemesanan dalam jumlah banyak. Menggunakan produk simpan pinjam dari lembaga keuangan menjadi pilihan yang sangat membantu Surisno. Mengingat bahan-bahan seperti parasut, resleting, kanvas, dan benang merupakan bahan baku yang harus trsedia sebelum membuat tas. Bila mungkin ada yang berminat memesan tas sekolah, tas wanita, maupun tas kerja kepada Surisno, bisa mengubungi di 0877-3926-8201, kualitasnya bisa dibuktikan setelah mencobanya.