Siapa yang tidak suka makan kue? Hampir semua orang suka dengan kelezatan makanan berbahan baku tepung tersebut. Sebagai makanan yang hampir setiap hari dikonsumsi masyarakat, tidak salah jika kini menekuni bisnis kue (pastry) kian digemari banyak pihak. Bahkan tidak sedikit artis populer tanah air yang terjun menekuni usaha di bidang tersebut karena potensi dan peluang bisnisnya yang sangat menjanjikan.

Potensi pasar itulah yang kemudian ditangkap pula oleh seorang Mahrusadi (26). Anak muda yang berasal dari Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan tersebut mengembangkan bisnis pastry dengan brand Idani Pastry. “Saya memulai usaha ini tahun 2015 dengan modal yang cukup minim, yakni kisaran 2 juta Rupiah,” terang Mahrus kepada tim liputanUKM. Keputusan untuk mengembangkan bisnis kue sejatinya sudah mulai dirintis Mahrus ketika masih kuliah di salah satu kampus pariwisata di Jogja.

“Ketika masih kuliah, saya mulai belajar berwirausaha dengan menjual kue di kantin kampus, menerima orderan kue ulang tahun dari teman-teman kampus, dan bekerja juga sebagai pemanggang roti,” lanjut Mahrus. Berdasar pengalaman yang didapatkanya ketika merantau di Jogja itulah, Mahrus memutuskan untuk mengembangkan bisnis kue sekembalinya ke kampung halaman.

Bukan tanpa kendala, ketika memutuskan untuk mengembangkan bisnis tersebut di kota kelahirannya, Mahrus justru menemui banyak tantangan. “Kendala banyak, yang jelas modal terbatas, kemudian peralatan yang belum memadai, hingga kemasan kuenya yang ala kadarnya sempat menggangu progres kami di awal,” jelasnya. Namun, sikap pantang menyerah yang ditunjukkan Mahrus perlahan mengikis berbagai kendala yang ditemuinya tersebut. Hingga akhirnya, Idani Pastry bisa tumbuh sebagai bisnis baru yang menjanjikan.

Ragam Jenis Kue Idani Pastry

Saat ini Idani Pastry menyediakan beberapa menu kue yang unik dan lezat. “Ada beberapa varian menu, diantaranya bolu kapas, bolu klasik, birthday cake, dan wedding cake, semuanya kami produksi dengan bahan baku pilihan dan berkualitas,” imbuh Mahrus. Aneka kue tersebut dipasarkan dengan harga yang bervariasi, yakni di kisaran Rp.60.000,00 s.d. Rp.600.000,00/ pcs, terrgantung jenis kuenya.

Baca Juga:  Menerapkan Pola Hidup Sehat Dengan Virgin Coconut Oil (VCO)
Mahrusadi Owner Idani Pastry

Bagaimana dengan rasanya? Mahrus menjamin jika kue-kue produksinya memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Terbukti perkembangan Idani Pastry dari hari ke hari menunjukkan progres yang positif. “Dalam sebulan, kami rata-rata bisa memproduksi sekitar 120 s.d. 150 pcs cake varian jenis, memang belum tinggi tetapi progres itu semakin bertumbuh, baik dari sisi produk, kemasan, serta pelayanan,” lanjutnya.

Di akhir wawancaranya, Mahrus berujar jika kue yang enak itu tidak harus mahal, yang penting adalah momennya. Penasaran dengan kelezatan kue produksi Idani Pastry? Buruan bisa kunjungi outletnya atau bisa memesannya melalui media online dan berbagai aplikasi penjualan.

tim liputanUKM