Pameran Produk Ekspor Daerah 2017

Pameran Produk Ekspor Daerah 2017 digelar di Hall B Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta 12-16 Oktober 2017. Pameran yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Ir. Gatot Saptadi tersebut diikuti oleh 37 perwakilan daerah dari tanah air. Masing-masing daerah mengusung produk UMKM unggulan serta beragam potensi yang menyertainya, seperti wisata, kekayaan SDA/ SDM, investasi, dll.

Beberapa perwakilan daerah yang ikut serta dalam pagelaran pameran tahun ini antara lain tuan rumah DI. Yogyakarta (Disperindag), Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Tengah, Dekranasda Sumsel, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang, Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri, Pemerintah Kota Tanjungbalai, dan masih banyak lagi.

Duta Wisata Kabupaten Rembang

Intan Sugiarti selaku perwakilan dari Kabupaten Rembang menuturkan keikutsertaan mereka dalam pameran kali ini sebagai ajang promosi daerahnya, terutama produk UMKM dan pariwisata. “Kabupaten Rembang memiliki produk unggulan diantaranya batik tulis lasem, gerabah, kayu, kuningan, dan potensi wisata bahari, karena kami (Kabupaten Rembang) memiliki garis pantai terpanjang di sisi utara Pulau Jawa,” jelas Duta Wisata Kabupaten Rembang 2017 itu kepada tim liputan UKM.

Selain Kabupaten Rembang dengan batik tulis lasemnya, hampir semua daerah yang ikut serta dalam pameran tahun ini mengusung batik sebagai produk unggulan. Hal demikian semakin menasbihkan batik sebagai kekayaan nasional yang kini sudah dimiliki oleh hampir seluruh daerah di Indonesia.

Di samping itu, pameran yang mengusung tema Indonesia Kreatif tersebut juga menampilkan produk-produk seperti kerajinan, aneka furniture, makanan, dan souvenir khas daerah.

tim liputanUKM

Baca Juga:  Buat Laris Produk Anda di Instagram Dengan Tips Berikut!