Pintu masuk Festival Kuliner Rasa Nusantara #2 di Jogja Expo Center

LIPUTAN UKM – Salah satu event organizer terbesar di Yogyakarta, Extraordinary (XO) Production menyelenggarakan Festival Rasa Nusantara untuk yang ke-2 kalinya. Tahun ini Festival Nusantara diselenggarakan mulai tanggal 24-26 Agustus 2018 di Jogja Expo Center. Rangkaian acara meliputi bazar kuliner dan lomba-lomba yang kental akan budaya Indonesia.

Dilansir dari press release, XO Production berusaha menyelenggarakan expo kuliner yang ide dan konsepnya berangkat dari dinamika kehidupan masyarakat. Rasa Nusantara merupakan salah satu agenda event yang sudah diselenggarakan untuk kedua kalinya. Kali ini bazar kuliner dalam rangkaian acara Rasa Nusantara menghadirkan makanan dan jajanan buatan pelaku UKM Indonesia. Expo kuliner ini semakin lengkap dengan hadirnya F&B Yogyakarta dan Asosiasi Chef Yogyakarta yang menyajikan masakan Indonesia dengan nuansa berbeda.

Salah satu pelaku UKM menjual jajanan yang diinovasi

Berdasarkan tema event dan logonya yang sangat membudaya yaitu gambar nasi tumpeng, mungkin ada sebagian masyarakat yang berekspektasi tentang masakan khas nusantara yang sangat tradisional dan membumi. Tim LiputanUKM mengunjungi Festival Rasa Nusantara (25/08) dan menyusuri hampir ke seluruh tenant yang ada. Sebagian besar kuliner yang mengisi tenant-tenant merupakan hasil inovasi masakan yang sudah ada. Aneka jajanan ringan sejenis milktea, sosis bakar, hotdog, kentang goreng, takoyaki, cutton candy, dan masih banyak lagi.

Bahkan salah satu tenant ditempati oleh usaha kuliner yang sudah terkenal dan bukan merupakan kuliner asli Indonesia, seperti Mc Donald’s. Sebagian tenant lainnya ditempati oleh usaha-usaha yang sudah terkenal seperti Olive Fried Chicken dan Teh Tong Tji. Ada pun beberapa tenant yang menjual makanan khas daerah, tetapi hanya sebagian kecil saja, seperti sempol ayam, cilok, batagor, kerak telor, dan makanan khas luar daerah dari Pulau Halmahera.

Baca Juga:  Menengok Usaha Oleh-oleh Bakpia Karanganyar
Para pengunjung ramai mengnjungi tenant-tenant kuliner dan menikmatinya di tempat yang telah disediakan

Meskipun dari sisi bazar kuliner agak jauh dari nilai-nilai dan konsep idealnya, Festival Nusantara 2018 dikatakan berhasil, karena telah menghadirkan banyak sekali tenant inovasi kuliner yang ramai dikunjungi. Begitu juga dengan pertunjukkan seni dan budaya, masyarakat diajak untuk ikut berpartisipasi dalam beberapa kompetisi seperti parade Band  se-Yogyakarta, lomba agustusan, dan kompetisi menarik lainnya. Ditambah juga para pengunjung dihibur dengan Nusantara Show yaitu, pentas pertunjukkan keberagaman Indonesia, khususnya seni tari, musik, dan budaya yang disampaikan dalam bentuk alur cerita modern dan composer musik modern.

Dewasa ini UKM masih menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia. Maraknya pameran produk usaha pastinya memberikan banyak peluang baik bagi pertumbuhan UKM, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara untuk jangka panjang. Dilihat dari sisi peserta bazar, selain mengajak masyarakat untuk menghargai dan melestarikan keberagaman nusantara, festival ini juga berperan sebagai sarana bagi para pelaku UKM untuk mempromosikan produknya. Beberapa UKM yang tadinya belum dikenal, sekarang mulai dilirik masyarakat. Melalui festival ini pelaku UKM mempunyai kesempatan untuk menjaring relasi yang lebih luas.