Cr: liputanukm.com

LIPUTAN UKM – Bagi umat muslim, segala sesuatu yang kita lakukan telah diatur menurut hukum dan syariat islam. Halal menjadi salah satu hukum islam yang artinya ‘diperbolehkan’. Apapun bakal diperbolehkan asal masih sesuai dengan hukum islam. Dewasa ini, halal memiliki nilai yang lebih luas. Ia tidak hanya sekadar kebutuhan dan kewajiban, tetapi juga gaya hidup.

Hal ini menjadi latar belakang komunitas Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menyelanggarakan event Jogja Halal Festival (JHF) untuk pertamakalinya. Dalam acara opening JHF 2018 (11/10), Mursida Rambe, Ketua MES berharap agar event ini menjadi sarana dakwah dan media edukasi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tentang produk dan layanan halal. Lebih luas lagi, JHF juga mengajak masyarakat untuk berupaya mengembangkan pariwisata dan ekonomi berbasis syariah.

“Jogja Halal Fest adalah sebuah amanah raker wilayah MES DIY yang sekaligus mendorong untuk meningkatkan pariwisata serta ekonomi syariah khususnya yang berlabel halal. Halal itu penting bukan hanya makan dan minum tapi bagaimana berbicara, bersikap, bertransaksi dengan yang halal. Ini wadah yang tepat untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat khususnya di wilayah DIY,” jelas Mursida dalam sambutannya.

 

Cr: liputanukm.com

Meskipun baru pertamakali diselenggarakan, JHF sudah mendapat sambutan positif dari masyarakat. Terbukti dengan jumlah stand yang tadinya hanya berjumlah 210, kemudian bertambah menjadi 217 stand, bahkan ada beberapa stand lain yang terpaksa tidak mendapat bagian. Banyak hal diluar dugaan yang datang. JHF berusaha membuat event ini sukses dan bisa berlanjut lagi di tahun-tahun berikutnya.

Setelah selesai mendengarkan sambutan, tim Liputan UKM kemudian menyusuri berbagai stand yang ada. Secara garis besar, stand-stand diisi oleh lembaga keuangan syariah, lembaga zakat dan amal, UKM, travel umroh dan haji, serta instansi pemerintah. Selain stand, JHF juga diramaikan dengan acara talkshow dan workshop yang dihadiri oleh tokoh-tokoh islam menginspirasi. Acara JHF 2018 diselenggarakan mulai 11-14 Oktober 2018.