Indonesia gemah ripah loh jinawi adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya. Sebagai negara agraris, Indonesia telah dianugerahi kekayaan yang melimpah, selain itu juga didukung dengan posisinya yang stategis menambah nilai tambah bagi negara kita. Dilihat dari sisi geografisnya Indonesia merupakan daerah tropis yang memiliki cuaca hujan yang cukup tinggi sehingga akan banyak jenis tumbuhan yang bisa hidup dengan baik dan tumbuh dengan cepat. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Wulan Septika Sari untuk mengembangkan bisnisnya dibidang usaha makanan dan agroteknologi.

Keinginannya untuk mengolah hasil bumi menjadi produk-produk yang berkualitas dan bernilai tinggi menjadi salah satu alasan Wulan untuk menggeluti usaha Botani Food Nusantara. Hanya dengan bermodalkan oleh-oleh yang dibawakan orang tuanya, kini Wulan sudah banyak memproduksi  bermacam olahan produk bumi seperti aneka Keripik Canary, Kopi Arabica & Robusta Pegunungan Muria Jung Java.  Bakpia Muria & Bakpia Jenang, selain itu ada juga usaha di bidang Agro dengan menjual hasil bumi terutama buah-buahan yang ada di sekitar pegunungan Muria Kudus, yang dinamakan dengan Merk Bukitfarm. Semua produk tersebut dibandrol dengan harga Rp.16.000,00 sampai Rp.34.000,00.

Pernah Terkendala Dalam Proses Perijinan

Botani Food Nusantara dimulai sejak tahun 2015 dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang. Awal mendirikan usaha ini Wulan sempat mengalami kendala dalam hal pemasaran dan proses perijinan. “Kesulitan saya ada dalam pemasaran seperti bagaimana memperkenalkan produk dan meyakinkan komsumen bahwa produk kami berkualitas, selain itu proses perijinan seperti MUI dan permodalan juga menjadi hambatan kami dalam menjalankan usaha ini,” ungkap Wulan kepada Tim LiputanUKM.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Wulan dalam mengembangkan Botani Food Nusantara, terbukti saat ini Botani Food Nusantara mampu untuk memasarkan produknya hingga Yogyakarta, Kudus, Semarang dan Jakarta sebagai oleh-oleh daerah. Dan bisa diakses informasi produknya melalui sosial media Instagram dan Path. Wulan sadar bahwa sebuah perusahaan tidak akan berjalan tanpa adanya kerjasama yang solid dalam sebuah tim, maka dari itulah Wulan selalu memberikan yang terbaik untuk para karyawannya terutama dalam hal kesejahteraan. “Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik terutama dalam hal kesejahteraan karyawan, ini bertujuan agar mereka juga memberikan yang terbaik bagi perusahaan,” terang Wulan.

Baca Juga:  Cerita Di Balik Suksesnya Unpossed Anyway

Wulan percaya bahwa kunci kesuksesan Botani Food Nusantara selama ini adalah berkat doa dan fokusnya dalam berbisnis. Menjadikan Botani Food Nusantara sebagai usaha yang dikenal hingga luar negeri adalah harapan Wulan untuk terus memajukan usahanya. “Semoga usaha yang saya jalani dapat terus berkembang semakin besar, tidak hanya di Indonesia saja melainkan luar negeri, dan usaha ini semoga memberikan manfaat besar pula kepada keluarga, petani di Muria Kudus Khususnya, karyawan & masyarakat sekitar,” tutup Wulan di akhir wawancaranya.

tim liputanUKM