Bertempat di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Demangan Yogyakarta, KomunitasUKM.com untuk kali pertama menggelar seminar bisnis, Senin (5/2). Seminar yang bertajuk ‘UKM Bersiap Masuki Digitalisasi Pasar’ tersebut diikuti oleh kurang lebih 50 orang pelaku UKM dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Seminar tersebut merupakan pembuka rangkaian kelas pembelajaran bisnis online yang dilangsungkan sepanjang bulan Februari 2018. Beberapa materi yang nantinya akan diajarkan di kelas diantaranya copywriting, berjualan di marketplace, personal branding, FB marketing, Instagram marketing, foto produk, teknik closing, dll. Materi-materi tersebut diajarkan dalam rangkaian kelas sore yang dilaksanakan di kantor Jogja Media Teknologi (JMT) Kotagede Yogyakarta.

Sementara itu, dalam seminar yang dilangsungkan malam hari tersebut, kordinator KomunitasUKM.com Eka Wijaya mengungkapkan peran serta KomunitasUKM.com sebagai wadah pembelajaran para pelaku UKM dari seluruh Indonesia. “KomunitasUKM ini sebagai wujud partisipasi kami untuk memfasilitasi para pelaku UKM belajar tentang kebutuhan pasar, khususnya pemasaran online, pembelajaran ini kami berikan secara gratis dengan konsep kelas per materi,” jelasnya kepada tim liputanUKM.

Untuk saat ini KomunitasUKM baru melayani pembelajaran offline dengan fasilitas kelas per kelas sesuai minat dan kebutuhan para pelaku UKM sendiri. “Namun ke depan kami tidak menutup kemungkinan membuat kelas secara online, untuk mengakomodir para pengusaha yang terkendala jarak dan waktu untuk hadir di Jogja,” lanjut Eka. Sehingga pihaknya (KomunitasUKM) masih sangat membuka ruang bagi para pelaku UKM untuk bergabung dan saling belajar bahkan sharing tentang ilmu bisnis yang dikuasai.

Sedangkan M. Gondo Kuswanto yang diplot sebagai pemateri pada seminar tersebut menyampaikan teknik dan strategi dalam menghadapi digitalisasi pasar seperti saat ini. Co Founder dari Yogyakartas.com tersebut membagi pengalamannya dalam membangun dan mengembangkan pabrik kemasan Yogyakartas melalui marketing online. “Marketing online itu menjangkau lebih dari apa yang kita lakukan di konvensional itu betul, marketing online itu 24 jam betul juga, marketing online itu lebih murah itu relatif,” tegas M. Gondo membakar semangat peserta yang hadir malam itu.

Baca Juga:  UKM Indonesia Ayun Langkah Menuju Industri 4.0

Pengalamannya selama 4 tahun mengembangkan Yogyakartas dikupas tuntas dengan sesekali berinteraksi langsung dengan peserta. Tidak sedikit peserta merasa apa yang disampaikan M. Gondo sesuai dan sejalan dengan apa yang mereka alami sejauh ini. Karena faktanya saat ini media/ pemasaran online menjadi strategi yang mau tidak mau harus dijalankan, baik untuk UKM yang baru mulai ataupun bagi UKM yang sudah berkembang.

Dirinya juga mengajak para pelaku UKM yang hadir malam hari itu untuk mensosialisasikan adanya KomunitasUKM kepada rekan-rekan pengusaha lainnya. “Di KomunitasUKM kita sebagai para pelaku UKM bisa saling bersinergi satu dengan yang lainya, untuk kemajuan bisnis bersama-sama,” ujarnya. (her/ liputanUKM)