Fikri Ardian (co Founder) Menjelaskan Detail Konten Aplikasi OSMAN

Perkembangan e commerce di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Kondisi demikian sejalan dengan pertumbuhan bisnis online dan marketpalce yang saling jor-joran memberikan penawaran terbaiknya kepada UMKM Indonesia. Namun di balik semaraknya trend bisnis online dewasa ini terdapat fakta yang mencengangkan. Dilansir dari data Bareksa tahun 2017 bahwasanya hanya sekitar 9% saja UMKM tanah air yang memiliki kemampuan e commerce.

Keterbatasan kemampuan  UMKM kita perihal e commerce membuka peluang bagi berbagai pihak untuk membantu serta memfasilitasi kondisi tersebut. Adalah PT Osman Wiraniaga Nusantara yang mengembangkan sebuah aplikasi yang bertujuan memudahkan UMKM dalam bidang penjualan, mengelola produk, serta pencatatan pendapatan. Aplikasi yang diberi nama OSMAN (Online Selling Management) tersebut diluncurkan semalam di Ballroom Jogja Rich Hotel, Jumat (29/12).

Dihadiri kurang lebih 150 orang tamu undangan yang terdiri dari para UMKM dan media, OSMAN diresmikan bersamaan dengan diluncurkannya aplikasi tersebut untuk masyarakat umum. Dua orang founder dari OSMAN yakni Glen Candra dan Fikri Ardian secara bergantian memaparkan sejarah dan fitur-fitur yang terdapat di OSMAN. “Ada kesulitan di kalangan UMKM kita yang menjadi latar belakang utama kami mengembangkan OSMAN,” kata Glen Candra membuka paparan latar belakang lahirnya OSMAN.

Kesulitan yang kemudian dijabarkan solusinya oleh Fikri tentang kelengkapan fitur yang bisa diperoleh di OSMAN. “OSMAN memiliki  3 fitur utama, yang pertama manajemen penjualan, dalam fitur ini bisa membantu penjual melakukan komunikasi secara otomatis dan manual, fitur yang kedua manajemen produk, fitur ini membantu tentang tata kelola produk, dan fitur yang ketiga adalan laporan pendapatan,” ujar Fikri. Dengan fitur-fitur tersebut, UMKM Indonesia diharapkan bisa lebih mudah mengelola dan memasarkan produknya.

Baca Juga:  Menengok Usaha Oleh-oleh Bakpia Karanganyar

Selain memperkenalkan OSMAN sebagai aplikasi unggulan untuk UMKM, pada kesempatan tersebut Fikri juga menandatangani kerjasama antara pihaknya dengan PCP Express. Adanya kerjasama dari kedua belah pihak tersebut bisa membuka peluang bagi UMKM dalam pelayanan logistik, dari mulai penjualan hingga pengiriman barang.

tim liputanUKM