Setelah menyelenggarakan seminar bertajuk ‘UKM Bersiap Masuk Digitalisasi Pasar’ pada Senin (5/2) di Kampus UII Demangan Yogyakarta, KomunitasUKM.com langsung menggeber program pembelajaran kelas di kantor Jogja Media Teknologi (JMT) Kotagede. Pada hari Selasa dan Rabu (6-7/2), KomunitasUKM.com melaksanakan pembelajaran kelas dengan materi copywriting dan instagram marketing. Kelas tersebut merupakan program pembelajaran bisnis online yang direncanakan akan berlangsung sepanjang bulan Februari 2018.

Pada hari pertama (6/2), sebanyak enam orang peserta mengikuti kelas pembelajaran yang dipandu langsung koordinator KomunitasUKM.com Bapak Eka Wijaya. Pada sesi awal Bapak Eka mengajak diskusi peserta yang semuanya merupakan pelaku UKM di seputaran kota Jogja. Masing-masing memiliki kendala yang berbeda, tetapi mengerucut pada permasalahan yang sama, yaitu pemasaran online.

Copywriting Menjadi Kendala Pelaku UKM

Salah satu yang point permasalahan yang dihadapi oleh peserta adalah perihal copywriting. Apa itu copywriting, kemudian bagaimana membuat copywriting yang bagus untuk pemasaran online menjadi kendala yang belum terpecahkan bagi pelaku UKM kebanyakan. Nah, pada kesempatan sore hari tersebut, KomunitasUKM.com mengupas tentang permasalahan copywriting yang dihadapi pelaku UKM.

Sebagai pemateri yang mengupas materi copywriting adalah Bapak M. Gondo Kuswanto selaku co founder dari Yogyakartas.com. Bapak Gondo yang sudah malang melintang dalam dunia marketing online memberikan gambaran tentang dunia copywriting, yang digunakan untuk sosial media, khususnya facebook. “Salah satu point penting dalam membuat copywriting adalah headline, itu hal pertama yang akan dibaca oleh orang (konsumen) kita, jadi buatlah headline dengan baik, kalo perlu yang bombastis bahkan kontroversial,” jelas Bapak Gondo.

Instagram Marketing Itu Seperti Apa?

Pada hari berikutnya, Rabu (7/2), kelas kembali dilanjutkan dengan materi instagram marketing. Instagram sebagai salah satu sosial media yang paling populer digunakan para pelaku UKM di Indonesia, memiliki beberapa trik supaya powerfull sebagai ujung tombak pemasaran. Bapak M. Gondo Kuswanto kembali diplot sebagai pemateri yang menerangkan berdasarkan pengalamannya selama mengembangkan Yogyakartas.com.

Baca Juga:  La Palette, Brand Lokal yang Bersaing di Bisnis Online Kecantikan

“Koneksikan akun instagram kita dengan akun sosial media lain, seperti fb, twitter, google plus, serta google map, hal ini bertujuan agar orang mengetahui bahwa kita sedang aktif menggunakan instagram, dan produk kita tersebar di banyak channel online,” terang Bapak Gondo berbagi pengalamanya.

Tujuh orang peserta yang hadir pada kelas sore hari itu kemudian saling sharing tentang pengalamannya dalam menggunakan instagram. Tidak sedikit mereka yang masih awam dalam menggunakan instagram sama-sama memperbaiki baik tampilan profil, keterangan bio, dan lain-lain. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari diadakannya kelas yakni sama-sama belajar dan saling memperbaiki kekurangan satu sama lainn, khususnya tentang instagram marketing.

Bagi Anda yang tertarik bergabung dengan KomunitasUKM.com dan ikut serta dalam kelas pembelajaran bisnis online berikutnya, silakan join ke www.komunitasukm.com atau menghubungi Bapak Eka Wijaya di 0878-6677-3326. (her/ liputanUKM)