Roti merupakan makanan pokok bagi banyak orang sebagai pengganti nasi. Roti dan kue bisa dikembangkan dengan berbagai varian rasa. Selain bisa digunakan untuk diet harian, roti menjadi makanan favorit banyak kalangan karena mudah dikonsumsi dan siap makan. Melihat peminat roti dan kue yang semakin meningkat dan tertuju pada semua kalangan, tentu saja bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Dari depan rumah dua lantai dengan bagian bawah untuk toko sekaligus tempat produksi ini, nampak banyak hidangan roti dan bermacam-macam kue yang siap jual tertata rapi dalam etalase. Di ruang produksi, lima orang karyawan terlihat sibuk dengan masing-masing pekerjaannya. Begitu juga dengan Saiful HM Putra, pemilik toko “Roti dan Kue Maharani” sama terlihat sibuknya dengan merapikan beberapa pesanan ketika didatangi reporter liputanukm.com di Jl. Imogiri Timur Km 10,5 Wonokromo Pleret Bantul.

Melayani Aneka Varian Rasa Demi Kepuasan Konsumen

Untuk jenis roti atau kue yang dilayani juga beraneka ragam, mulai dari roti lapis, roti gulung, bolu cake, lapis legit, brownies, tart misis dan masih banyak varian lainnya. Siapa sangka, dari toko yang Saiful dirikan ini, ia bisa meraup keuntungan lebih dari tiga juta perhari. Dengan melayani konsumen partai besar dan kecil Saiful memperoleh omzet lebih dari tiga puluh juta perbulan.

Disiplin waktu menjadi kunci kesuksesannya

Di toko yang dirintisnya dari tahun 2013, saat ini, Saiful telah mampu memperkerjakan sepuluh orang karyawan. Dalam memilih karyawan, ia tidak hanya mengambil orang yang professional di bidangnya saja, namun yang diutamakan karyawan yang mau bekerja keras, tekun dan cekatan. Apalagi karyawan bidang produksi dan pengantar, mereka dituntut cekatan dalam melayani pesanan konsumen yang terkadang dadakan dan memesan dalam partai besar.

Baca Juga:  Sambal Maiq, Laris Jadi Buah Tangan Wisatawan

“Alhamdulillah tiap harinya ya pasti ada pesanan, kurang lebih 100 dus jenis roti, walaupun gak pasti, bisa dibilang setiap hari lumayan ramai, apalagi kalau mendekati lebaran” tutur Saiful menjelaskan.

Peran promosi sangat penting untuk tingkatkan penjualan

Dilihat dari keberhasilan usaha roti yang didirikannya ini, tidak mungkin lepas dari peran promosi. Adapun strategi promosi yang dipakai antara lain dengan menyebarkan brosur yang dibuat semenarik mungkin. Selain brosur, Saiful juga tidak lupa membuat website, memasukkan iklan ke radio, dan menjadi sponsor dalam kegiatan-kegiatan tertentu. Dari berbagai macam jenis promosi yang dilakukan ini, penyebaran brosur merupakan strategi yang paling banyak menarik konsumen untuk membeli.

“Brosur ini penting dan malah lebih banyak peminatnya, tidak apa-apa tidak mesti hari ini langsung pesan, tapi besok hari mungkin konsumen akan tertarik untuk memesan, dan brosur bisa disimpan untuk dibaca lagi besok jika sedang membutuhkan” tambahnya dengan nada optimis.

Persaingan bukan halangan

Kendala yang dihadapi pebisnis, biasanya dari segi persaingan dengan pengusaha lain yang sejenis, tetapi Saiful tidak kehabisan cara agar usahanya tetap unggul di pasaran. Ia selalu  mempertahankan cita rasa dengan menjaga racikan bumbu yang khas dari roti yang diproduksinya agar konsumen tetap loyal.

Keberhasilan tidak akan terjadi jika tidak mau mencoba dan pantang putus asa. Hal tersebut dirasa sendiri oleh Bapak satu anak ini yang sejak awal sudah mencoba berbagai macam usaha namun belum bisa berhasil. Tapi dengan tekad dan ketekunan yang dijalani selama ini, akhirnya melalui perantara bisnis rumahan roti dan kue bisa menjadi penopang kehidupan keluarganya.

“Pokoknya harus disiplin dengan waktu dan jangan pernah tinggalkan ibadah. Waktu itu penting sekali jadi jangan sampai disia-siakan, kalau kita bisa disiplin dan menghargai waktu Insya Allah berhasil” pungkasnya menutup percakapan dengan reporter liputanukm.com dengan semangat.

Baca Juga:  Inovasi JajananTradisional di Batam Ala Chistar

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba kelezatan dari Roti dan Kue Maharani, bisa langsung menghubungi (0274) 4415097.