Usaha make up artis atau populer dengan MUA kini banyak digandrungi anak muda Indonesia. Keuntungan yang menggiurkan jelas menjadi magnet bagi para newbie yang ingin mencoba bisnis tersebut. Ditambah lagi, banyak cerita sukses yang mengiringi para pelaku di bisnis make up artis belakangan ini. Sehingga tidak mengherankan jika kini banyak anak muda yang terjun menekuni bisnis itu.

Kendati bukan termasuk bisnis yang tergolong baru, namun dewasa ini banyak orang yang lebih mempercayakan make up artis untuk berbagai momentum penting hidupnya. Wisuda, pernikahan, dan ulang tahun menjadi beberapa momentum yang menjadi ‘ladang’ para make up artis mengeruk keuntungan.

Salah seorang anak muda yang kemudian sukses menekuni bisnis di bidang jasa make up adalah Ferista Dian. Gadis asal jakarta tersebut merupakan pemain baru dalam bisnis poles mempoles wajah. “Usaha ini baru saya rintis belum lama, tepatnya bulan Oktober 2017,” jelas Ferista ketika dihubungi tim liputanUKM beberapa waktu yang lalu.

Awal Mula Terjun Ke Bisnis

Ferista yang kini menginjak usia 24 itu berujar jika awal mulanya dirinya menekuni bisnis make up karena faktor ketidaksengajaan. “Sebenarnya ini benar-benar ngga sengaja karena saya awalnya diminta make up-in teman saya yang wisuda, nah tiba-tiba pengen gitu saja menjadi make up artis karena saya melihat masih ada peluang di bisnis itu,” terangnya.

Faktor lain yang meyakinkan Ferista mengambil segmentasi bisnis ini juga karena pengalamannya kesulitan mencari make up artis untuk datang ke rumahnya. Dari situ, dirinya berkeyakinan bahwasanya bisnis ini pasarnya masih terbuka lebar. “Iya jadi pernah ketika memanggil periasa datang ke rumah susahnya minta ampun, apalagi yang harganya murah dan kualitasnya oke,” katanya.

Baca Juga:  Wedang Jebles, Dhaharan Khas Ndeso

Berbekal modal 6 juta rupiah, Ferista mulai mewujudkan mimpinya mengembangkan bisnis make up di Jakarta. Kendati masih harus membagi waktu dengan rutinitasnya sebagai pekerja kantoran, Ferista yakin jika usahanya tersebut bisa berkembang dengan baik. “Statusnya masih sebagai pekerjaan sampingan, namun saya menganggap itu bukan jadi kendala, bahkan saya jadikan tantangan yang harus ditaklukkan,” lanjutnya.

Harga Yang Terjangkau

Ferista memasang tarif jasa make up pada kisaran Rp.250.000,00 s.d. 1 juta Rupiah. Dengan tarif yang demikian, Ferista menjamin hasil yang diberikan sebanding dengan harganya. Terbukti dengan banyaknya konsumen yang menggunakan jasa Ferista meskipun masih tergolong pemain baru di bisnis tersebut.

Dalam satu bulan dirinya bisa melayani rata-rata 20 konsumen. Dengan jumlah segitu, Ferista juga harus mengeluarkan modal untuk membeli make up sekitar 3-4 jutaan. Sebuah pencapaian yang patut diacungi jempol dengan usia perjalanan bisnis yang baru baru dan dijalankan seorang diri.

Dibantu Pemasaran via Online

Kian meningkatnya konsumen tak terlepas dari strategi promosi yang cerdik. Dengan menggunakan pemasaran online, Ferista mampu menjaring banyak konsumen. Promosi nya pun tak sekedar promosi yang asal-asalan, hasil riasnya pada setiap konsumen dia publikasikan ke media sosial instagram. “Tidak ada strategi khusus, yang jelas hanya memperbanyak portofolio hasil riasan di sosial media untuk meningkatkan kepercayaan para konsumen,” terangnya.

tim liputanUKM