Sebagai persiapan UKM menuju industri 4.0, Kemenkop dan UKM menjalin kerja sama dengan Korea Selatan dengan membentuk Pusat Pertukaran Teknologi atau The Indonesia-Korea The Indonesia-Korea Technology Exchange (IKTEC).

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring, mengatakan bahwa saat ini sektor industri sudah memasuki era industri 4.0, termasuk untuk para UKM di Indonesia.

“UKM kita akan menuju ke arah industri 4.0. Maka, peran teknologi UKM di Indonesia akan kita tingkatkan dengan mengaplikasikan teknologi dari Korea dalam mengembangkan usahanya”, kata Meliadi pada acara peresmian kerja sama The Indonesia-Korea Technology Exchange Center, di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Bagi Meliadi, kerja sama ini amat strategis dan akan menjadi prioritas bagi Kemenkop dan UKM, yang sejalan dengan arahan Presiden RI agar UKM Indonesia masuk ke era industri 4.0.

“Terutama, kita akan mengajak UKM muda kita termasuk bisnis startup dan generasi milenial untuk memanfaatkan pertukaran teknologi dengan Korea ini. Saya yakin, kerja sama ini akan saling menguntungkan kedua negara dalam mengembangkan UKM”, kata Meliadi.

Direktur Umum dari Kementerian UKM dan Startups Korea, Park Dong Cheol, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat setiap tahunnya, ditambah dengan potensi pasar dari 260 juta jiwa penduduk Indonesia.

“Kita akan terus meningkatkan kerja sama ini dengan visi dan misi bersama dalam membangun teknologi, produksi dan pemasaran produk kedua negara”, tandas Park Dong Cheol.

Terlebih lagi, kata Park Dong Cheol, dunia saat ini sudah memasuki era ekonomi. Pihaknya akan terus meningkatkan kerja sama kedua negara dalam bidang teknologi untuk kemajuan UKM kedua negara.

Selain itu, akan dilakukan pertemuan bilateral antara kedua negara yang membahas mengenai proses IKTEC, pelatihan bisnis teknologi Korea bagi UKM kopi dan pembuatan roti, rencana promosi ekonomi digital Indonesia, diskusi joint cooperation untuk pengembangan start-up, dan lain-lain terkait pengembangan UKM di kedua negara.

Sumber : https://www.wartaekonomi.co.id/read177822/ukm-indonesia-ayun-langkah-menuju-industri-40.html
Baca Juga:  Jokowi Pastikan PPh Final UKM akan Turun Jadi 0,5%