MedanBisnis-Medan. UKM Center Sumatera Utara memprogramkan upaya penguatan teknologi informasi bagi pelaku usaha binaan, sehingga pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tersebut bisa naik kelas.

“Kami tengah membangun laboratorium komputer yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM. Ini dalam rangka penumbuhan start up dari mikro ke kecil dan kecil ke menengah,” kata Ketua UKM Center Sumut Deni Faisal Mirza kepada MedanBisnis di Medan, Senin (30/7).

Dalam hal tersebut, mereka mendapat dukungan dari perusahaan BUMN PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang sudah menjalin kerja sama dengan UKM Center. “PNM memberikan support berupa tiga unit laptop dan satu printer melalui PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) perusahaan tersebut. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, pada pekan lalu UKM Center juga mendapat dukungan dari PNM untuk melakukan pembinaan dan penguatan wirausaha bagi mitra binaan PNM, di Kecamatan Medan Kota. Bentuk pembinaannya berupa pelatihan life skill pembuatan cairan pembersih lantai dan sabun cair.

Menurut Deni, ibu-ibu rumah tangga perlu tambahan kemampuan untuk penguatan ekonomi rumah tangga. “Selain itu materi penting lainnya yang kami berikan berupa sosialisasi¬† l usaha bagi UKM terutama yg butuh penambahan modal usaha. Selain SIUP, TDP, HO, legalitas lain yang sangat penting adalah label halal, BPOM atau Dinkes.¬† UKM Center berupaya memudahkan proses pengurusan legalitas bagi UMKM yang membutuhkan,” paparnya.

Pada pelatihan pekan lalu, sebanyak 22 mitra binaan ikut serta, dipandu narasumber Maya Sari. Turut hadir Kepala PNM Sumut Budi Santoso serta sejumlah staf. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Budi Santoso dan staf yang telah hadir dan memberikan dukungan kepada UKM Center. Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berlanjut dengan program-program lain yang bermanfaat besar bagi pelaku UMKM,” kata Deni. (eko hendra)

Baca Juga:  Aturan Baru Tarif Pajak UKM Terbit Pekan Depan, Ini Bocorannya

Sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2018/08/01/355282/ukm_center_programkan_penguatan_teknologi_informasi/