Pelaku usaha dagang online merasa perlu adanya kolaborasi untuk meningkatkan UKM produsen di Tanah Air.

Sari Kacaribu, Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia, mengatakan di Tokopedia, terdapat dua tipe utama seller.

Pertama adalah maker (produser) dan trader (pedagang). Maker menjual produk yang mereka produksi sendiri, Trader menjual produk yang tidak mereka produksi sendiri.

“Untuk dapat mengembangkan jumlah Maker, hal ini adalah pekerjaan rumah bersama,” katanya, kepada Bisnis, Minggu (4/2/2018).

Sebab, ujarnya, permasalahannya bukanlah mengenai online dan offline, namun mengenai dorongan dan insentif untuk membantu produsen di Indonesia berkembang.

“Di Tokopedia, kami membangun ekosistem agar Maker dari Indonesia bisa terus tumbuh. Kami berkomitmen memberikan bantuan yang mencakup hulu ke hilir untuk pengembangan Maker,” jelasnya.

Adapun hal tersebut meliputi peningkatan kualitas produksi, packaging, dan branding, sehingga bisa bersaing dengan produk impor, memberikan akses pemodalan bersama dengan mitra-mitra perbankan, dan beragam edukasi.

“Kami berharap gerakan semacam ini bisa terus berkembang, dilakukan bersama, dan mendapatkan dukungan berbagai pihak. Sebab, kolaborasi bersifat penting untuk kesuksesan perkembangan produsen di tanah air,” jelasnya.

Sumber      : http://industri.bisnis.com/read/20180205/12/734296/perlu-kolaborasi-tingkatkan-ukm-online-tanah-air
Sumber Foto : www.aminjaya.desa.id/asset/foto_berita/market_online.jpg

 

Baca Juga:  Kemenkop dan UKM Minta Pelaku KUKM Benahi Sistem Manajemen Usaha dan Keuangan