Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Managing Director Dana Moneter Internasional atau International Monetery Fund (IMF) Christine Lagarde untuk blusukan ke pusat grosir Tanah Abang, Jakarta. Tujuannya untuk menunjukkan kepada Christine Lagarde bahwa sektor usaha kecil, sektor usaha menengah, sektor usaha mikro di Indonesia.

“Tadi pagi saya tanyakan kepada Ibu Christine Lagarde bagaimana ekonomi kecil, ekonomi mikro, dan ekonomi tengah ini menghadapi keterbukaan, menghadapi digitalisasi ekonomi. Saya sampaikan itu (pada pertemuan). Beliau memang menyampaikan rumusan-rumusannya,” kata Presiden Jokowi seraya meminta wartawan untuk mendengarkan langsung rumusan dimaksud melalui Managing Director IMF itu.

Faktanya, lanjut Presiden,  kita memiliki Tanah Abang yang kiosnya berjumlah 19 ribu lebih. Ini menurutnya merupakan sebuah kekuatan besar kita. “Sehingga ini saya kira akan bisa juga menjadi sebuah pengalaman lapangan bagi Ibu Lagarde,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan blusukan ke Pasar Tanah Abang itu, Christine Lagarde menyempatkan diri berbelanja baju biru koko untuk oleh-oleh suaminya. Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Insodesia Agus Martowardojo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya Jokowi menerima kunjungan Christine Lagarde di Istana Merdeka, Jakarta Pusat guna membahas seputar konferensi tingkat tinggi (KTT) IMF-World Bank yang akan digelar Oktober 2018 di Bali. Dalam kunjungan tersebut, Lagarde didampingi Director Asia Pacific Department IMF Changyong Rhee, Director Communication Department Gerard Thomas Rice, Secretary of the IMF Jianhai Lin, Senior Resident Representative for Indonesia John G Nelmes, dan Division Chief for Indonesia Asia Pacific Department IMF Luis E Breuer.

Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/1285196/34/pamer-ukm-jokowi-ajak-managing-director-imf-ke-tanah-abang-1519631689
Baca Juga:  Kemenkop dan UKM Cari Solusi Bagi Kredit Macet KUMKM