Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga meminta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memanfaatkan Gedung Smesco di Jakarta sebagai lokasi promosi produk kerajinan lokal unggulan.

Dia mengatakan Gedung Smesco yang berada di Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan ini menjadi miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan baik fashion, alas kaki hingga kuliner. Sektor-sektor ini disebut menjadi daya pikat turis sehingga dapat diekspor.

“Di sini tidak ada saingan [produk asing]. Semua produk unggulan masing-masing provinsi ada di sini. Jadi semua produk Indonesia dapat ditemukan di Gedung Smesco,” ujar Puspayoga usai mengikuti relaunching Produk Unggulan Provinsi di Smesco, Sabtu (31/3/2018).

Dia juga meminta seluruh kepala daerah menyampaikan hal tersebut kepada pelaku UKM di daerah masing-masing. Apalagi, ada tiga lantai yang khusus disediakan bagi para UKM secara gratis.

Adapun untuk lokasi pameran kerajinan provinsi sendiri dibuka di dua lantai. Lantai pertama terdiri dari Provinsi Jawa Timur, Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bali Sumatera Utara, Jambi, Banten, Jawa Tengah, Papua hingga Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, lantai kedua diperuntukkan bagi Provinsi Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Riau, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Maluku, Jawa Barat, Kalimantan, dan DI Yogyakarta.

“Produk unggulan provinsi di samping punya nilai edukasi tentu juga harus dijadikan sebagai tempat wisata kuliner, berbelanja. Nilai yang paling dapat ditarik adalah bagaimana memupuk rasa nasionalisme menjaga NKRI,” tambah Puspayoga.

Relaunching Produk Unggulan Provinsi ini dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla. Dia mengapresiasi revitalisasi Gedung Smesco yang akhirnya dapat menjadi pusat kerajinan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga:  Tak Biasa, Pembinaan UMKM di Gunung Kidul Digelar di Dalam Goa

Menurut Mufidah, langkah pemerintah untuk memusatkan seluruh produk UKM Nusantara sebagai komitmen pemerintah untuk mendorong seluruh produk dapat berdaya swing menghadapi pasar global.

“Pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia memiliki peran dan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja,” paparnya.

Sumber : http://industri.bisnis.com/read/20180331/12/778465/menkop-ukm-minta-pelaku-ukm-manfaatkan-gedung-smesco