Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan fasilitas 1 juta nama domain untuk para pelaku UKM. Selain domain, hosting dan web design ditawarkan secara cuma-cuma alias gratis bagi UKM yang menjalankan bisnisnya secara online.

“Domain ini gratis sampai 2018. Inilah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah,” ujar Menkominfo Rudiantara kepada wartawan selepas acara penandatanganan MoU BRI bersama Lazada di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Pria yang disapa Chief RA tersebut menegaskan bahwa kehadiran 1 juta nama domain untuk pebisnis online tersebut tidak mengganggu pengusaha rintisan seperti startup yang mencari pemasukan sebagai website developer.

“Kita juga menyadari lebih dari 50 persen ekonomi kita di-created dari sektor UMKM bukan UKM saja total ada 60 juta. Dan BRI menyediakan kredit mikro kepada UMKM,” tuturnya.

Rudiantara menjelaskan dengan hadirnya perusahaan e-commerce mempengaruhi kesejahteraan pebisnis online. Diketahui pertumbuhan transaksi online saat ini menyentuh angka 7,4 juta jiwa dengan perolehan dari konsumen sebesar Rp68 triliun atau naik Rp12 juta tahun ini.

“Justru ini saya katakan tadi hilangnya perantara-perantara yang bisa memudahkan pengguna. UKM kita yang masuk di platform kita ada di Tokopedia ataupun di Bukalapak sudah ada jutaan. Orang yang istilahnya mikro kerja sendiri perlu proses macam-macam sekarang bisa cara baru jadi lebih mudah,” tukasnya.

Sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/read172058/kominfo-sediakan-1-juta-nama-domain-gratis-untuk-ukm.html
Baca Juga:  UKM Diharapkan Berkontribusi Genjot Penerimaan Pajak