Dalam meningkatan pelayanan dan pembinaan kepada koperasi dan usaha kecil mikro, mulai bulan April 2018 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pojok UKM, sebuah lembaga konsultatif bagi UKM di Kabupaten Sleman.

Adapun Pojok UKM ini merupakan program inovatif Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan PLUT DIY (Pusat Layanan Usaha Terpadu).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Pustopo menyampaikan bahwa Pojok UKM merupakan upaya dinas untuk memfasilitasi dan mendampingi usaha mikro kecil di Kabupaten Sleman terhadap pengetahuan bisnis baik aspek kelembagaan, pengelolaan usaha, strategi bisnis, pengelolaan SDM, produksi, akses pembiayaan, branding produk maupun pengembangan jaringan pasar dan penguasaan teknologi informasi.

Kehadiran Pojok UKM ini merupakan jawaban atas kebutuhan pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha maupun merintis kegiatan usaha dengan mendapatkan pendampingan bisnis.

Lebih lanjut Pustopo menyampaikan bahwa layanan konsultasi bersifat privat dan fokus pada solusi penyelesaiannya. Dengan langkah ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Untuk mendapatkan layanan konsultasi gratis ini, para pelaku usaha mikro wajib mendaftar melalui Whatsapp atau telpon ke nomor 0812.8001.9900.

Pojok UKM mulai dilaksanakan sejak awal bulan April 2018. Setiap minggu menyediakan waktu dua (2) hari, yakni Hari Senin dan Kamis pukul 09.00-15.00 WIB di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman.

Pada hari-hari konsultasi terdapat tema agar permasalahan para pelaku Usaha Kecil Mikro yang dikonsultasikan lebih fokus. Beberapa tema yang sudah dijadwalkan antara lain, Membangun Brand, Kemasan Produk Pangan dan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial.

Informasi tema secara lengkap dapat diakses melalui akun Facebook dengan alamat dinkopukmsleman dan Instagram dengan alamat @Dinkopukmsleman. Sementara untuk pelaksanaan Pojok UKM tanggal 26 April 2018 mengambil tema “Kiat Sukses Marketing Mix” dan untuk pelaksanaan tanggal 30 April 2018 mengambil tema “Akses Pembiayaan”.

Baca Juga:  Baru 6 Persen UKM yang Sudah Jualan Online

Pelayanan pojok UKM akan dilaksanakan hingga bulan Desember 2018 dan direncanakan pada tahun 2019 pelayanan dapat ditingkatkan menjadi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang berdiri secara mandiri sehingga pelayanan pengembangan koperasi dan UMKM dapat lebih komprehansif untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru di Kabupaten Sleman yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.

Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2018/04/26/dinas-koperasi-dan-umkm-sleman-sediakan-layanan-konsultasi-gratis-bagi-ukm